Klaim Kebal Covid-19, Trump Siap Lanjutkan Pertarungan dalam Pilpres AS

Presiden Amerika Serikat, Donald Trump.

Indonesiainside.id, Washington – Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump pada Ahad (11/10), menyatakan bahwa dirinya kebal dari Covid-19, dan siap melanjutkan pertarungan dalam Pemilhan Presiden AS, yang memasuki minggu-minggu terakhir kritis.

Sehari sebelumnya, pada Sabtu (10/10), Trump diberi izin untuk kembali ke jalur kampanye setelah dia dinyatakan tidak lagi berisiko menularkan virus corona.

“Sepertinya saya kebal. Entahlah, mungkin dalam waktu lama dan mungkin waktu singkat, bisa seumur hidup, tidak ada yang benar-benar tahu, tapi saya kebal,” kata Trump dalam wawancara Fox News, Ahad (11/10). “Kata kebal berarti sesuatu, memiliki cahaya pelindung yang sesungguhnya.”

“Anda memiliki presiden yang kebal… Jadi sekarang Anda memiliki presiden yang tidak harus bersembunyi di ruang bawah tanah seperti lawannya,” tambah Trump, menyindir lawannya dari Partai Demokrat, Joe Biden, yang pendekatannya jauh lebih berhati-hati dalam berkampanye selama masa pandemi.

Para petinggi Partai Republik mengumpulkan ribuan pendukung untuk acara comeback Trump di Gedung Putih, pada Sabtu (10/10). Mereka juga merencanakan kampanye maraton berturut-turut minggu ini, yakni di Florida pada Senin (12/10), kemudian dilanjutkan ke Pennsylvania dan Iowa.

Namun, sejumlah media AS mempertanyakan terkait transparansi seputar keadaan kesehatan Trump. Dimana tim medisnya berulang kali menolak untuk menjelaskan kapan Trump dinyatakan negatif untuk virus tersebut. Hal itu memicu kecurigaan bahwa Trump mungkin belum menjalani tes selama beberapa hari sebelum didiagnosis.

Sementara itu, Biden mengecam tekad Trump untuk mengumpulkan banyak orang dalam kampanyenya selama masa pandemi. Trump mengesampingkan kekhawatiran itu, dan bersikeras bahwa Amerika lebih unggul dalam melawan virus.

“Tidak ada alasan untuk perilaku sembrono Presiden Trump,” kata Biden di twitter, pada Ahad (11/10).

Tim kampanye Biden melakukan tes virus corona harian untuk kandidat mereka yang berusia 77 tahun sejak Trump dinyatakan positif pada 1 Oktober lalu. (Aza)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here