Azerbaijan Pukul Mundur Serangan Baru Armenia

Korban serangan roket Armenia di Kota Ganja Azerbaijan.

Indonesiainside.id, Baku – Kementerian Pertahanan Azerbaijan mengatakan, pasukan Armenia terus melakukan serangan malam dalam upaya untuk merebut kembali posisinya yang hilang, Selasa (13/10).

Menurut pernyataan itu, saat menangkis serangan, tentara Azerbaijan menghancurkan tiga sistem roket peluncuran ganda (MLRS) tipe Grad, satu sistem senjata anti-pesawat self-propelled ZSU-23-4, dua kendaraan tempur infanteri BMP-2 (IFV), tiga howitzer Giatsint B, satu howitzer tipe D-20, tiga UAV dan beberapa kendaraan pengangkut personel.

Pasukan juga berhasil melumpuhkan banyak tentara Armenia.

“Selain pasukan reguler dari resimen tentara Armenia yang berbeda, sukarelawan dari Armenia berpartisipasi dalam serangan malam yang dilakukan oleh kelompok-kelompok kecil, tetapi mereka menderita kerugian besar dan material,” ungkap pernyataan itu.

Kementerian menambahkan bahwa tentara Azerbaijan bertindak sesuai dengan gencatan senjata dan tidak secara aktif melakukan aktivitas perang apa pun.

Dalam pernyataan terpisah, kementerian juga menyatakan bahwa pasukan Armenia menembaki daerah pemukiman di Provinsi Aghjabadi, Agdam, Terter dan Goranboy, Azerbaijan.

Setelah pertemuan di Moskow pada 10 Oktober, Azerbaijan dan Armenia menyetujui gencatan senjata kemanusiaan sehingga pihak yang bertikai bisa mengambil jenazah yang tersisa di medan perang Nagorno-Karabakh dan mengadakan pertukaran tahanan.

Hubungan antara dua negara pecahan republik Soviet itu tegang sejak 1991, ketika militer Armenia menduduki Nagorno-Karabakh, juga dikenal sebagai Upper Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here