666 Cula Badak Dipotong Untuk Menghindari Perburuan

badak hitam yang terancam punah di negara itu. Foto: Xinhua

Indonesiainside.id, Jakarta – Namibia telah mengambil langkah untuk memotong cula pada sebagian besar badak hitam yang terancam punah di negara itu dalam upaya mengekang perburuan hewan tersebut.

Menurut Juru Bicara Kementerian Lingkungan Hidup Romeo Muyunda, Namibia telah memotong cula sekitar 208 ekor badak tahun ini, sehingga total badak yang tidak memiliki cula di negara itu menjadi 666 ekor sejak 2018.

“Ini adalah inisiatif yang telah berlangsung sejak 2014, di mana kami memotong cula pada badak-badak yang berada di lokasi pusat perburuan. Langkah ini merupakan bagian dari intervensi kami untuk mengekang aktivitas perburuan. Kami tahu langkah ini saja tidak cukup untuk menghentikan pembunuhan satwa, karena itulah kami juga memperkuat patroli antiperburuan kami,” tutur Muyunda, Kamis(15/10).

Dia menambahkan negaranya telah membuat kemajuan besar dalam upaya konservasi badak, meski insiden perburuan masih menjadi tantangan di negaranya.

Data statistik Kementerian Lingkungan Hidup Namibia menunjukkan angka perburuan badak telah turun lebih dari 60 persen dari tahun ke tahun dengan hanya 22 kasus perburuan dilaporkan tahun ini dibandingkan 46 kasus pada tahun lalu. (EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here