Turki Tegaskan Dukungan terhadap Azerbaijan, AS Dukung Armenia Membela Diri

Koresponden perang AZTV berdiri di kendaraannya yang rusak terkena serangan Armenia. Foto: DS

Indonesiainside.id, Jakarta – Menteri luar negeri Turki menegaskan kembali negaranya mendukung perjuangan Azerbaijan dalam mempertahankan haknya atas wilayah Karabakh yang diduduki Armenia.

“Turki akan selalu mendukung Azerbaijan dalam perjuangannya untuk tujuan yang benar,” kata Menlu Mevlut Cavusoglu dalam upacara pembukaan tahun ajaran Universitas Turki-Kazakhstan Hoca Ahmet Yesevi Internasional via konferensi video, pada Kamis (15/10).

“Sayangnya, beberapa aktor dunia tetap diam atas perlakuan tidak adil terhadap Azerbaijan dan memperlakukan sama antara pihak yang kejam dan pihak yang dirugikan,” kata dia, menegaskan bahwa para aktor ini telah mengabaikan resolusi Dewan Keamanan PBB dan keputusan OCSE.

Menggarisbawahi bahwa Armenia juga menyerang wilayah Azerbaijan yang tidak mereka duduki, Menlu Turki mengatakan tindakan ini merupakan “kejahatan perang.”

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Mike Pompeo mendukung Armenia untuk membela dirinya sendiri terhadap Baku, dalam konflik dengan Azerbaijan. Sebaliknya, Pompeo mengkritik Turki terkait konflik tersebut.

“Kami berharap orang-orang Armenia dapat bertahan melawan apa yang dilakukan orang Azerbaijan. Armenia dan Azerbaijan harus melakukan gencatan senjata dengan benar, dan kemudian duduk di meja, dan mencoba dan memilah-milah ini,” kata Pompeo, seperti dilansir Al Arabiya pada Jumat (16/10/2020).

Pompeo mengkritik Turki karena turut turun tangan dalam konflik Armenia dan Azerbaijan di Nagorno-Karabakh. “Kami sekarang memiliki Turki, yang telah turun tangan dan memberikan sumber daya ke Azerbaijan, meningkatkan risiko, meningkatkan daya tembak yang terjadi dalam pertarungan bersejarah di tempat yang disebut Nagorno-Karabakh ini,” kata Pompeo.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here