Jacinda Ardern Menang Telak dalam Pemilu Selandia Baru

Jacinda Ardern
Perdana Menteri, Jacinda Ardern. Foto: Istimewa

Indonesiainside.id, Auckland–Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern menang telak dalam pemilihan umum negara itu pada hari Sabtu (17/10). Sebagian besar suara telah dihitung dan Partai Buruh Ardern memenangkan 49 persen suara, kutip Reuters.

Sebagian besar suara telah dihitung dan Partai Buruh Ardern telah memenangkan 49 persen suara dan diharapkan dia akan menang dengan mendapatkan mayoritas absolut di Parlemen negara – sesuatu yang jarang terjadi. Partai oposisi yang hanya memperoleh 27 persen suara mengaku kalah meski penghitungan belum berakhir.

Pemungutan suara, yang semula dijadwalkan pada September, ditunda sebulan setelah wabah Covid-19 melanda negara itu. Pemilihan dimulai pukul 9 pagi waktu setempat dan ditutup pada pukul 7 malam.

Lebih dari satu juta pemilih telah menjalankan tanggung jawabnya dalam pemungutan suara awal yang dibuka pada 3 Oktober tahun lalu. Tidak ada pemimpin yang mencapai mayoritas absolut sejak Selandia Baru mengadopsi sistem pemungutan suara proporsional pada tahun 1996, yang mengarah pada penggantian pemerintahan multi-partai.

Meski jumlahnya belum ditentukan, jumlah suara yang diterima cukup bagi pemimpin oposisi Judith Collins untuk mengaku kalah setelah menelepon Ardern.  “Selamat atas hasil yang dicapai, ini adalah hasil yang luar biasa bagi Partai Buruh. Ini kampanye yang sulit,” kata Collins kepada para pendukung yang bersorak di Auckland.

Partai Nasional konservatif yang diwakilinya diperkirakan akan memenangkan sekitar 35 kursi, yang tampaknya merupakan hasil terburuk dalam hampir 20 tahun.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here