Mantan Komandan Serbia Dihukum 9 Tahun Penjara terkait Genosida di Bosnia

Kerabat berduka dan berdoa di sekitar peti mati 9 korban genosida Srebrenica 1995 yang tiba di Potocari, Srebenica, Bosnia Herzegovia, Kamis (9/7). Agensi Anadolu/Samır Jordamovıc

Kini, Srecko Acimovic selaku Komandan Batalyon kedua Brigade Zvornik, dinyatakan bersalah karena sengaja menawarkan bantuan pada 14-16 Juli 1995 kepada anggota sebuah perusahaan kriminal gabungan yang berencana untuk menahan, mengeksekusi secara singkat dan menguburkan orang-orang Bosniak yang berbadan sehat di Srebrenica.

“Sengaja menawarkan bantuan dalam pelaksanaan rencana dan komisi genosida terhadap orang-orang Bosnia. Terdakwa mengetahui bahwa mereka akan dibunuh, tetapi dia kemudian dengan sengaja ikut serta dalam rencana genosida,” kata hakim Stanisa Gluhajic.

Bertindak atas perintah yang diterima dari komando Brigade Zvornik, terdakwa memberikan amunisi dan mengeluarkan perintah untuk mengangkut para tawanan ke tepi Sungai Drina di Kozluk, di mana mereka dibunuh dan dikubur di sebuah lokasi pabrik kerikil tua. Pada hari itu – 15 Juli 1995 – 818 orang dari Srebrenica tewas,” imbuh Gluhajic.

Pengadilan menyatakan bahwa Acimovic juga bertanggung jawab atas serangan terhadap warga sipil Bosnia di wilayah tersebut, yang menyebabkan genosida. (Aza/AA)

 

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here