Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Ditangkap Atas Perdagangan Narkoba

Salvador Cienfuegos Zepeda

Indonesiainside.id, Los Angeles – Mantan Menteri Pertahanan Meksiko Jenderal Salvador Cienfuegos Zepeda, ditangkap di Los Angeles dan menghadapi lima dakwaan di AS terkait dengan perdagangan narkoba.

Pensiunan Jenderal yang ditangkap itu diperkirakan akan segera dipindahkan ke New York, kata seorang diplomat senior, Marcelo Ebrard, di Twitter, mengutip konsulat negara itu di Los Angeles.

Cienfuegos, yang menjabat dari 2012 hingga 2018, ditangkap pada Kamis malam di Bandara Internasional Los Angeles dengan surat perintah Drug Enforcement Administration (DEA).

Penangkapan itu kemudian diapresiasi Presiden Meksiko Andrés Manuel Lopéz Obrador. Dia berjanji untuk menangguhkan pejabat yang mungkin terlibat dalam kasus Cienfuegos, melancarkan serangan baru terhadap pendahulunya dan menyalahkan mereka atas korupsi yang merajalela.

“Ini adalah contoh nyata dari pembusukan pemerintahan, bagaimana pegawai negeri sipil bertindak sangat kotor,” kata Obrador. Dia juga menjanjikan dukungan penuh kepada para kepala angkatan darat dan angkatan laut Meksiko, seraya menyebut mereka “tidak dapat dirusak”.

Presiden Obrador juga berjanji untuk terus membasmi pejabat pemerintah yang korup.

Obrador juga mengungkapkan bahwa penangkapan Cienfuegos tampaknya terkait dengan kasus terhadap mantan pejabat tinggi lainnya, Genaro García Luna, yang menjabat sebagai menteri keamanan Meksiko dari tahun 2006 hingga 2012. Ia ditangkap di AS tahun lalu atas tuduhan narkoba, tambah presiden.(EP)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here