Lawatan ke Vietnam, PM Jepang Singung Aktivitas China di Laut Cina Selatan

Kapal militer China bermanuver di wilayah Laut China Selatan yang menjadi sengketa. Foto: Antara

Indonesiainside.id, Hanoi – Perdana Menteri Jepang Suga Yoshihide melakukan lawatan ke luar negeri dengan mengunjungi Vietnam. PM Jepang kemudian bertemu dengan Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc di Hanoi pada Senin (19/10).

Suga yang tiba di Vietnam pada Ahad (18/10) memulai lawatan luar negerinya yang pertama sejak menjabat. Ia juga dijadwalkan akan menyampaikan pidato terkait kebijakan Jepang di ASEAN, di mana Vietnam menjadi ketua KTT ASEAN bulan depan.

Melansir NHK, Senin(19/10), saat berbincang bersama Phuc, Suga menegaskan kembali kerja sama Jepang bersama Vietnam dalam menciptakan kawasan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum, di saat China meningkatkan aktivitasnya di Laut Cina Selatan.

Suga ingin meningkatkan kerja sama keamanan bersama Vietnam. Kedua pemimpin itu diyakini membahas sebuah kesepakatan untuk mendorong pengiriman peralatan keamanan ke Vietnam dan kerja sama teknologi.

Suga juga ingin meningkatkan kerja sama ekonomi dengan Vietnam. Jepang juga berharap untuk memperkuat jaringan pasokan masker dan perlengkapan lain di tengah pandemi virus corona yang masih menyebar.

Kedua pemimpin diyakini bertukar pandangan terkait pemulihan perjalanan bisnis di antara kedua negara dalam waktu secepatnya.(EP)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here