Singapura Kucurkan Rp59,7 Triliun untuk Subsidi Gaji Pekerja

Seorang pekerja yang memakai masker membersihkan susuran di sebuah pusat perbelanjaan di Singapura, Jum'at (19/6/2020). Xinhua/Then Chih Wey

Indonesianside.id, Singapura – Sekitar 140.000 pengusaha akan memperoleh kucuran dana SD5,5 miliar atau Rp59,7 triliun dengan Skema Dukungan Kerja (JSS) kepada pemberi kerja mulai 29 Oktober.

Kementerian Keuangan dan Otoritas Pendapatan dalam Negeri (IRAS) Singapura pada Senin mengatakan kucuran dana itu akan digunakan untuk mensubsidi 25-75 persen upah sekitar 1,9 juta karyawan lokal.

Jumlah ini SD1,5 miliar atau Rp16,28 triliun lebih banyak ketimbang pencairan pada Juli sebesar SD21,5 miliar atau Rp23,34 triliun, kutip Channel News Asia.

Sebelumnya, Wakil Perdana Menteri Heng Swee Keat mengatakan bahwa JSS adalah program subsidi upah yang bertujuan untuk membantu perusahaan agar dapat bertahan dan membayar pekerja meski bisnis mereka terpukul pandemi Covid-19.

Mulanya subsidi itu akan berakhir hingga Oktober, namun Agustus lalu pemerintah mengatakan akan memperpanjangnya tujuh bulan lagi. Pengusaha di sektor penerbangan, pariwisata akan menerima 75 persen subsidi.

Pengusaha layanan makanan, seni dan hiburan, transportasi darat, serta kelautan dan lepas pantai akan menerima 50 persen subsidi. Sementara pengusaha di sektor lainnya akan menerima 25 persen dukungan.

“Pekerjaan tetap menjadi prioritas utama karena kami terus mendukung pekerja dan bisnis untuk melewati krisis ini,” ujar Heng pekan lalu. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here