Bayar Rp4,6 Triliun, Donald Trump Hapus Sudan dari Negara Sponsor Teror

Potret kemiskinan di negeri Sudan. Foto: istimewa

Indonesiainside.id, Jakarta – Presiden AS Donald Trump akan menghapus Sudan dari daftar negara sponsor terorisme. Ini setelah negara itu membayar ratusan juta dolar kepada para korban serangan teror di masa lalu dan keluarga mereka. Sudan masuk dalam daftar teror sejak 1993.

“Kabar baik! Pemerintah baru Sudan telah membuat kemajuan besar dengan setuju membayar USD335 juta (Rp4,6 triliun) kepada para korban teror di AS,” kata Presiden Donald Trump, Senin.

“Saya akan mencabut Sudan dari daftar Negara Sponsor Terorisme. Akhirnya, Keadilan untuk rakyat Amerika dan langkah besar untuk Sudan!” cuit dia di Twitter.

Pengumuman tersebut menandai tonggak sejarah dalam hubungan antara kedua negara yang terus membaik setelah penggulingan mantan presiden Omar al-Bashir tahun lalu.

Perdana Menteri Sudan Abdalla Hamdok menyambut baik pengumuman tersebut.

Dalam pidatonya yang disiarkan di televisi, Hamdok mengatakan langkah itu akan membantu Sudan berintegrasi kembali dengan sistem keuangan global.

Hamdok mengatakan penghapusan Sudan dari daftar akan membantu pemerintahnya mendapatkan keuntungan dari keringanan utang, akses pinjaman, investasi asing, dan sistem perbankan internasional.

Hamdok menyebut negaranya masih memiliki utang luar negeri 60 miliar dolar.

“Langkah ini akan membuka pintu kembalinya Sudan ke dunia, karena Sudan telah diblokir dari seluruh dunia dan sekarang akan kembali ke sistem keuangan global,” ujar dia. (EP/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here