Turki Temukan Reruntuhan Gereja di Dasar Danau Wilayah Laut Hitam

Situasi umum Kota Kuno Assos, juga dikenal sebagai Behramkale atau disingkat Behram, di distrik Ayvacik di Provinsi Canakkale, Turki, Jum'at (7/8/2020). Agensi Anadolu/Burak Akay

Indonesiainside.id, Jakarta – Reruntuhan gereja ditemukan di dasar danau di wilayah Laut Hitam Turki pada Senin (19/10).

Direktur Kebudayaan dan Pariwisata provinsi mengatakan kepada Anadolu Agency bahwa puing-puing gereja itu tenggelam sekitar 15 meter di bawah permukaan Danau Gaga di Kota Fatsa, Provinsi Ordu.

“Reruntuhan gereja – yang usianya belum jelas – ditemukan selama penyelaman yang dilakukan oleh seorang arkeolog bawah air,” kata Ugur Topalak.

Kedalaman danau berkisar antara 10 dan 15 meter dan memiliki luas permukaan hampir enam hektar. Selama ribuan tahun, Turki telah menjadi rumah bagi orang-orang dari berbagai agama, dari penyembah berhala kuno, Kristen dan saat ini sebagian besar Muslim.

Turki terus berupaya untuk menghormati dan memulihkan reruntuhan yang ditinggalkan oleh budaya non-Muslim. Topalak mengatakan Danau Gaga yang merupakan kawasan lindung alam juga akan didaftarkan sebagai situs arkeologi. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here