Pasukan Armenia Kembali Langgar Gencatan Senjata

Ilustrasi. (Foto file - Anadolu Agency)

Indonesiainside.id, Jakarta – Pasukan Armenia kembali melanggar gencatan senjata kemanusiaan yang baru disepakati dengan Azerbaijan.

Pelanggaran tersebut dilakukan tepat setelah gencatan senjata mulai diberlakukan pada Senin.

“Ini adalah gencatan senjata ketiga yang dilanggar oleh pasukan Armenia. Pada 26 Oktober pukul 08.05, Angkatan Bersenjata Armenia melanggar gencatan senjata kemanusiaan baru dan menembaki Angkatan Darat Azerbaijan di desa Safiyan, Lachin,” kata Kementerian Pertahanan Azerbaijan lewat Twitter.

Meskipun begitu, kementerian menegaskan bahwa tentara Azerbaijan sepenuhnya mematuhi gencatan senjata.

Sebelumnya, gencatan senjata pertama yang disepakati pada 10 Oktober dilanggar oleh pasukan Armenia dalam kurun waktu 24 jam setelah diberlakukan.

Akibatnya, beberapa warga sipil tewas dalam serangan rudal di Kota Ganja, Azerbaijan.

Gencatan senjata kedua yang berlaku pada 17 Oktober juga dilanggar oleh Armenia.

Hubungan antara kedua negara bekas Uni Soviet itu tegang sejak tahun 1991, ketika militer Armenia menduduki wilayah Upper Karabakh, wilayah Azerbaijan yang diakui secara internasional.

Empat resolusi Dewan Keamanan PBB dan dua resolusi Majelis Umum PBB menuntut penarikan pasukan pendudukan dari wilayah tesebut.

Secara keseluruhan, sekitar 20 persen wilayah Azerbaijan, termasuk Nagorno-Karabakh, telah diduduki oleh Armenia secara ilegal selama hampir tiga dekade.

Sejak bentrokan meletus pada 27 September, pasukan Armenia terus melancarkan serangan ke warga sipil dan tentara Azerbaijan. (EP/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here