Islamofobia di Prancis: Anwar Ibraim Kirim Surat Terbuka ke Emmanuel Macron

Anwar Ibrahim (usnews)

Indonesiainside.id, Kuala Lumpur– Pernyataan ofensif Presiden Prancis Emmanuel Macron terhadap Islam dinilai tidak berdasar, demikian disampaikan Presiden PKR Datuk Seri Anwar Ibrahim.  Anwar Ibrahim menanggapi pernyataan Presiden Perancis itu yang sebelumnya menyatakan bahwa Islam adalah penyebab dari semua krisis yang terjadi di dunia saat ini.

Menurut Anwar, pernyataan Macron hanya mengedepankan agenda negatif yang akhirnya membuatnya menjadi korban kritik.

“Selama dia tetap buta terhadap luas dan kecanggihan Islam sebagai dunia yang menghargai nilai dan ambisi, maka kita akan gagal memajukan perjuangan melawan prasangka dasar yang menimpa kedua belah pihak,” ujarnya dalam surat terbuka kepada Macron sebagaimana dikutip Kantor Berita BERNAMA.

Pernyataan Macron terkait pembunuhan seorang guru laki-laki yang dipenggal kepalanya karena memperlihatkan karikatur Nabi Muhammad SAW di Paris, belum lama ini. Pernyataan Macron secara tidak langsung menunjukkan bahwa sentimen Islamofobia di Prancis yang berkembang menyebabkan penduduk Muslim di negara tersebut menghadapi tekanan dan sering dijadikan ‘sasaran’ jika terjadi peristiwa kriminal. (NE)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here