DPR RI dan Parlemen Ukraina Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral Kedua Negara

Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin (ketiga dari kiri) melakukan kunjungan kerja ke Ukraina.

Indonesiainside.id, Jakarta – Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengatakan DPR RI dan Pimpinan Verkhovna Rada (Parlemen Ukraina) sepakat untuk memperkuat kerjasama bilateral Indonesia-Ukraina.

“Kedua Parlemen menekankan pentingnya peningkatan hubungan Indonesia-Ukraina di berbagai bidang di antaranya pertahanan, ekonomi dan budaya,” kata Azis dalam keterangannya di Jakarta, Senin (2/11).

Hal itu dikatakannya dalam kunjungan kerjanya ke Ukraina dalam rangka pertemuan dengan parlemen Ukraina, Senin (2/11). Azis bersama anggota DPR RI mengadakan pertemuan dengan Pimpinan Verkhovna Rada (Parlemen Ukraina) Olena Kondratiuk serta pertemuan dengan Inter-Parliamentary Friendship Group of Indonesia-Ukraine.

Dia mengatakan, Indonesia-Ukraina memiliki hubungan bilateral yang baik dalam hal kerjasama pertahanan yang perlu terus di tingkatkan, juga dalam ekonomi agar defisit perdagangan dapat segera teratasi.

Dalam kesempatan itu, Azis menyampaikan kepada pimpinan Parlemen Ukraina agar pemerintah negara tersebut dapat membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

“Dan juga bebas visa kunjungan untuk WNI sebagaimana Indonesia membebaskan visa kepada Ukraina. Hal ini menjadi beberapa hal yang kami bahas secara intens dalam pertemuan dengan Parlemen Ukraina,” ujarnya.

Azis mengatakan, kehadiran DPR RI di Ukraina menjadi momentum penting dalam peningkatan kerjasama dalam situasi ketidak pastian geopolitik global. Dia mengatakan, kedua negara memiliki visi perdamaian yang serupa serta tantangan ekonomi yang merupa.

Selain itu Azis mengatakan, pemerintah Ukraina berhasil menjalankan Pilkada serentak secara nasional di 22 Oblast (provinsi) di masa pandemi COVID-19.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here