Dua Pejabat China Ditahan Setelah Rapat Partai

indonesiainside.id, Jakarta – Dua pejabat senior China dimintai keterangan atas pelanggaran hukum beberapa saat seusai sidang umum Komite Sentral Partai Komunis China (CPC).

Komisi Inspektorat Disiplin Komite Sentral CPC (CCDI) menyidik Gao Cailin yang menjabat Deputi Sekretaris Jenderal Pemerintah Provinsi Jilin pada Senin.

Sebelumnya pemeriksaan dilakukan lembaga anti korupsi China itu terhadap Sekretaris Partai Kota Sanya, Provinsi Hainan, Tong Daochi, Minggu (1/11).

Gao diduga menyalahgunakan kewenangan dengan bekerja di Bank Rakyat China (bank sentral) Cabang Shanghai dan lembaga keuangan di Provinsi Jilin, demikian pernyataan CCDI dikutip sejumlah media resmi setempat.

Sementara Tong yang tercatat sebagai anggota Komisi Tetap CPC Provinsi Hainan sekaligus orang nomor 1 di CPC Kota Sanya itu juga bekerja di Komisi Regulasi Pasar Modal China dan Kementerian Perdagangan China.

Namun, Tong ternyata juga bekerja di organisasi internasional, termasuk sebagai peneliti di Rand Corporation, yakni lembaga penelitian yang berbasis di Amerika Serikat untuk memberikan rekomendasi kebijakan publik pada 1994-1998.

Selain itu, Tong juga bekerja pada Bank Dunia, demikian CCDI.

CCDI menganggap Tong telah melakukan pelanggaran disiplin serius partai dan undang-undang.

Sidang umum Komite Sentral CPC di Beijing berakhir pada Kamis (29/10) dengan melahirkan satu komunike terkait pembangunan ekonomi China untuk lima tahun ke depan.(EP/Ant)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here