Menteri Luar Negeri Turki Tiba di Azerbaijan Beberapa Jam setelah Armenia Minta Bantuan Rusia

Indonesiainside.id, Baku – Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu, tiba di Azerbaijan pada Ahad (1/11), untuk melakukan pembicaraan mengenai wilayah Nagorno-Karabakh. Kunjungan ini dilakukan hanya beberapa jam setelah Armenia meminta bantuan keamanan dari Rusia.

“Kami sekali lagi berada di Baku bersama saudara-saudara kami untuk memperbarui dukungan kuat kami untuk Azerbaijan tercinta dan bertukar informasi tentang perkembangan terbaru di Nagorno-Karabakh,” kata Menteri Luar Negeri Mevlut Cavusoglu di Twitter.

Sebelumnya, Sabtu (31/10), Perdana Menteri Armenia Nikol Pashinyan secara resmi meminta Presiden Rusia Vladimir Putin untuk berkonsultasi tentang bantuan keamanan, dengan menggunakan pakta pertahanan kedua negara.

Pashinyan mengatakan bahwa pertempuran kian mendekati wilayah perbatasan Armenia dan juga menegaskan kembali bahwa Turki mendukung Baku.

Namun, pakta pertahanan Moskow dengan Armenia tidak mencakup Nagorno-Karabakh, dan Rusia mengatakan bahwa bantuan yang diperlukan akan diberikan jika pertempuran mencapai wilayah Armenia.

Pada saat yang sama, juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan bahwa format konkrit “bantuan” untuk Armenia akan dibahas selanjutnya.

Permintaan bantuan Armenia dari Moskow semakin meningkatkan kekhawatiran dunia, bahwa Rusia dan Turki akan terseret ke dalam konflik yang sudah berlangsung puluhan tahun atas Karabakh.

Armenia dan Azerbaijan terlibat dalam pertempuran sengit selama lebih dari sebulan di Karabakh, wilayah Azerbaijan yang dikendalikan oleh separatis Armenia setelah pecahnya Uni Soviet.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here