19 Mahasiswa Terbunuh setelah Militan yang Diduga ISIS Serang Universitas Kabul

Indonesiainside.id, Kabul — Sedikitnya 19 orang tewas dan 22 luka-luka pada Senin ketika militan menyerbu universitas terbesar Afghanistan dalam serangan yang berakhir setelah beberapa jam baku tembak dengan pasukan keamanan. Menurut para pejabat seperti yang dilaporkan Al Jazeera pada Senin (02/11), pelaku dapat dilumpuhkan aparat.

“Tiga penyerang terlibat. Salah satu dari mereka meledakkan peledak pada awalnya, dua lainnya dilumpuhkan oleh pasukan keamanan,” jubir Kementerian Dalam Negeri Tariq Arian mengatakan kepada AFP.

Taliban mengatakan mereka tidak terlibat dalam insiden di Universitas Kabul itu, tetapi beberapa pusat pendidikan telah diserang selama bertahun-tahun oleh kelompok ekstremis seperti Daesh.  Juru bicara kepolisian Kabul Ferdaws Faramerz mengatakan kepada AFP bahwa sebagian besar dari mereka yang tewas adalah pelajar.

Hamid Obaidi, juru bicara kementerian pendidikan tinggi, mengatakan kepada AFP serangan itu dimulai ketika para pejabat pemerintah tiba untuk pembukaan pameran buku Iran yang diselenggarakan di kampus. Orang-orang bersenjata menyerbu fasilitas tersebut, menyebabkan ratusan orang melarikan diri dan berebut melompati dinding kampus karena mereka mencoba melarikan diri dari penembakan, kata saksi mata.

Pasukan keamanan Afghanistan kemudian mengepung daerah itu, menutup semua akses menuju ke universitas, saksi dan seorang koresponden AFP melaporkan.  “Serangan sudah berakhir, tapi sayangnya 19 orang telah tewas dan 22 lainnya luka-luka,” kata juru bicara dalam negeri Arian di Twitter.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here