Pilpres Amerika Serikat: Biden Lebih Menguntungkan Dibandingkan Trump 

Calon Presiden dari Partai Demokrat Joe Biden menjawab tuduhan yang dilontarkan Presiden Donald Trump. Foto:Sky

Indonesiainside.id, Jakarta – Pemilihan presiden Amerika Serikat sedikit banyak berpengaruh terhadap Indonesia dan negara-negara di kawasan Asia Tenggara pada berbagai aspek.

Kelanjutan kebijakan luar negeri Amerika Serikat soal perang dagang dengan China dan ketegangan keduanya di Laut China Selatan ditunggu-tunggu oleh negara-negara kawasan.

Sejumlah pengamat di Indonesia meyakini, jika Joe Biden, calon dari Partai Demokrat terpilih, Indonesia akan mendapatkan keuntungan secara ekonomi. Namun jika sang petahana Donald Trump kembali terpilih, maka kondisi Indonesia relatif tidak banyak berubah, sama seperti empat tahun terakhir.

Pengamat Hubungan Internasional dari Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Jawa Tengah, Nuriyeni Kartika Bintasari mengatakan, sejak menjadi wakil dari Presiden Barack Obama, Biden telah membuktikan bahwa dirinya adalah seorang globalis.

Dia bisa menjaga hubungan baik dengan negara-negara lain di berbagai kawasan. Hal ini bisa menjadi peluang Indonesia untuk bergabung dalam kerja sama multilateral yang diinisiasi oleh AS, seperti Trans Pacific Partnership (TPP).

Demikian juga inisiatif perdagangan lain baik di tingkat Asia Tenggara, Asia maupun global menjadi lebih terbuka dan membuat perekonomian menjadi semakin kuat dan mapan.

“Biden akan lebih kondusif untuk memperkuat kembali inisiatif multilateral trade, non-tariff policy dan prinsip-prinsip perdagangan bebas lainnya, dibandingkan dengan Trump,” ujar Nuriyeni pada Anadolu Agency, Selasa.

Biden menurut Nuriyeni akan kembali membawa sense of multilateralism serta good diplomacy conduct serta membawa Amerika Serikat kembali menjadi warga dunia yang baik. Amerika Serikat juga diyakini akan kembali bergabung dalam WHO dan perjanjian multilateral yang ditinggalkan selama masa kepresidenan Trump.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here