Covid-19 Jadi Isu Utama Pilpres AS

Petugas kesehatan melakukan pemeriksaan menggunaan alat tes diagnostik cepat untuk mendeteksi penularan COVID-19 pada wisatawan di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (29/10/2020). (ANTARA/M Fikri Setiawan)

Indonesiainside.id, Jakarta – Sebuah survei yang baru saja dirilis menemukan bahwa pandemi Covid-19 merupakan isu utama bagi para pemilih dalam pemilihan presiden (pilpres) Amerika Serikat (AS) tahun ini.

Menurut survei yang melibatkan lebih dari 20.000 pemilih di AS itu, Covid-19 dipilih sebagai isu utama oleh hampir sepertiga dari total responden nasional, dan memuncaki daftar untuk pemilih di setiap negara bagian kecuali Alaska.

Sejumlah isu lain yang dianggap penting meliputi rasisme (10 persen), ekonomi (8 persen), pelayanan kesehatan (7 persen), serta kejahatan dan kekerasan (6 persen), menurut hasil survei yang diunggah di situs web Universitas Northwestern pada Selasa (3/11).

Ketika para pemilih diklasifikasikan berdasarkan negara bagiannya, peneliti menemukan perbedaan signifikan terkait apa yang dipilih responden sebagai isu terpenting setelah Covid-19. Mayoritas di 43 dari 50 negara bagian menyebutkan tiga isu, yaitu rasisme (17 negara bagian), kejahatan dan kekerasan (18 negara bagian), serta pelayanan kesehatan (8 negara bagian).

Para peneliti juga menemukan perbedaan partisan, usia, serta rasial/etnis yang begitu jelas. Masalah yang paling sering disebutkan oleh warga pendukung Partai Demokrat dan independen meliputi rasisme, perubahan iklim, dan pelayanan kesehatan. Para pendukung Partai Republik juga memasukkan isu pelayanan kesehatan dalam daftar lima isu terpenting mereka, tetapi juga menyebutkan isu kejahatan dan kekerasan, aborsi, serta ekonomi.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here