Penemuan Gas Terbesar, Turki Mulai Pengeboran di Ladang Gas Sakarya Laut Hitam

Kapal eksplorasi migas Turki. Foto: anadolu

Indonesiainside.id, Ankara – Turki memulai misi pengeboran di sumur Türkali-1 di ladang gas Sakarya, Laut Hitam, menyusul penemuan gas terbesar di wilayah itu. Menurut Menteri Energi dan Sumber Daya Alam Turki Fatih Donmez, pengeboran tersebut dilakukan oleh kapal pengeboran pertama Turki, Fatih.

Donmez mengumumkan di Twitter bahwa “Fatih memulai kembali pengeboran di Laut Hitam setelah melakukan persiapan. Pengeboran kami akan memakan waktu 75 hari.”

Pengeboran ini mengikuti pengumuman pada 21 Agustus oleh Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan tentang “penemuan gas terbesar” dalam sejarah Turki sebesar 320 miliar meter kubik di ladang gas Tuna-1 yang juga terletak di ladang gas Sakarya.

Pejabat Turki mengatakan gas dari sumur Tuna-1 akan siap untuk digunakan publik pada tahun 2023, sementara itu dia juga menyampaikan pesan optimis bahwa lebih banyak cadangan energi akan segera ditemukan.

Pada 17 Oktober, Turki menemukan tambahan 85 miliar meter kubik cadangan gas alam di Laut Hitam, dan pada 21 Oktober. Erdogan mengonfirmasi bahwa kapal itu dijadwalkan untuk memulai operasi di sumur Turkali 1 pada November. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here