Kamala Harris, Wakil Presiden Wanita Pertama di Amerika

Kamala Harris jadi Wapres AS

Indonesiainside.id, Ankara– Dengan Joe Biden yang diproyeksikan menjadi pemenang pemilihan Gedung Putih 2020, pasangannya, Kamala Harris, akan menandai sebagai wakil presiden wanita pertama yang terpilih dalam politik Amerika, dan wakil presiden Amerika berkulit kulit hitam pertama dalam sejarah Amerika.

Harris, 56, juga mengukir sejarah sebagai orang kulit hitam pertama dan orang pertama keturunan Asia yang akan menjadi orang nomor dua di AS.  Keturunan imigran Jamaika dan India ini  terpilih sebagai jaksa agung Kalifornia pada 2010 dan fokus pada berbagai masalah termasuk krisis penyitaan. Dia menolak untuk membela Proposisi 8 negara bagian, yang melarang pernikahan sesama jenis dan kemudian dibatalkan oleh Mahkamah Agung AS.

Setelah menyelesaikan hampir dua periode, dia dilantik sebagai senator California. Harris saat ini satu-satunya wanita kulit hitam di ruangan itu. Dia pernah memegang kursi di Keamanan Dalam Negeri dan Komite Urusan Pemerintah, Komite Intelijen Seleksi, Komite Kehakiman dan Komite Anggaran.

Tumbuh di Oakland, California, memberi Harris pandangan “stroller-eye” tentang gerakan hak-hak sipil yang membawanya ke bidang hukum. Setelah memperoleh gelar sarjana dari Howard University dan gelar sarjana hukum dari University of California, dia memulai karirnya di Kantor Jaksa Wilayah Alameda County.

Pada tahun 2003, Harris menjadi Jaksa Wilayah San Francisco di mana dia memulai program untuk mengintegrasikan kembali para pelaku narkoba dengan memberi mereka kesempatan untuk mendapatkan ijazah sekolah menengah dan mencari pekerjaan. Dia memegang jabatan itu selama dua periode.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here