Tim Transisi Biden Mulai Bekerja, Fokus Penanganan Corona

Mantan Wapres Amerika Joe Biden. Foto:Abc

Indonesiainside.id, New York – Tim transisi Joe Biden tidak menunggu hasil pemilihan presiden AS untuk mulai bekerja. Ted Kaufman memimpin tim transisi agar Biden segera bisa bekerja terutama dalam penanganan virus corona.

Kaufman seorang mantan senator dari Delaware yang juga pernah bergabung dalam tim transisi Barack Obama pada 2008, dan membantu menyusun legislasi yang memformalisasi proses transisi presiden.

Biden pertama kali meminta Kaufman untuk mulai mengerjakan upaya transisi pada April, tak lama setelah mantan wapres itu meraih nominasi presiden usai pemilihan pendahuluan Partai Demokrat.

Tim kampanye Biden sejauh ini masih diam soal proses transisi. Tetapi para penasihat terdekat Biden mengatakan prioritas utamanya adalah mengumumkan kepala staf Gedung Putih, kemudian menyusun hal-hal yang dibutuhkan guna mengatasi virus corona.

Seorang presiden boleh menunjuk 4.000 pejabat, dan lebih dari 1.200 di antaranya harus dikonfirmasi oleh Senat. Hal itu bisa jadi tantangan bagi Biden, karena Senat mungkin akan tetap didominasi oleh Republik, lansir AP.

Proses transisi akan dimulai secara resmi setelah Administrasi Layanan Umum (General Services Administration/GSA) memastikan pemenangnya berdasarkan semua fakta yang tersedia. Panduan yang cukup samar, sehingga Trump bisa saja menekan direktur GSA untuk menunda-nunda prosesnya.

Juga belum jelas apakah presiden Trump akan bertemu secara langsung dengan Biden. Obama bertemu dengan Trump kurang dari seminggu setelah pemilu 2016, tapi ketika itu tak ada sengketa soal perolehan suara dengan Hillary Clinton.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here