Erdogan Peringati 82 Tahun Wafatnya Mustafa Kemal Ataturk

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan (kiri) meletakkan karangan bunga di Anitkabir, mausoleum pendiri Republik Turki Mustafa Kemal Ataturk, pada peringatan 82 tahun kematiannya di Ankara, Turki, 10 November, 2020. (Murat Kula - Anadolu Agency) Ankara

Indonesiainside.id, Ankara – Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan memperingati 82 tahun wafatnya Mustafa Kemal Ataturk, pendiri Republik Turki. Erdogan didampingi oleh para menteri, pemimpin partai politik, dan komandan militer, mengunjungi Anitkabir, mausoleum Ataturk, di Ankara.

“Pada peringatan kali ini, kami mengenang jasa panglima perang kemerdekaan kami, pendiri republik kami, dan presiden pertama kami, Gazi Mustafa Kemal Ataturk,” kata Erdogan.

Menurut Erdogan, Ataturk dan sesama pejuang lainnya membawa Turki jadi negara pemenang, merdeka, dan bebas. Erdogan bertekad akan terus bekerja untuk mewujudkan Turki yang lebih makmur, kuat, dan bergengsi bagi generasi mendatang.

Para pejabat itu mengheningkan cipta selama satu menit pada pukul 09.05 waktu setempat, mengenang masa ketika Ataturk menghembuskan napas terakhirnya di Istana Dolmahbahce di Istanbul pada 1938. Ataturk meninggal dunia pada usia 57 tahun.

Setelah itu, bendera Turki diturunkan setengah tiang dan lagu kebangsaan pun dinyanyikan. Usai upacara tersebut, mausoleum akan dibuka untuk umum pada pukul 16.00 waktu setempat. (Aza/AA)

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here