Gamelan Jawa dan Wayang Kulit di Paris

Prof Warsito memberi penjelasan tentang gamelan Jawa dan wayang kulit. Foto: Dok KBRI Paris.

Indonesiainside.id, Paris — Pengenalan seni budaya Indonesia secara umum atau seni tari – gamelan ke siswa-siswa sekolah di Prancis menjadi prioritas program pengembangan Kerjasama bidang Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Paris. Di masa pandemi Covid-19 ini, KBRI Paris selalu berupaya untuk dapat melaksanakan berbagai program tersebut dengan adaptasi bentuk kegiatannya.

KBRI Paris melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan berkerjasama dengan asosiasi Pantcha Indra melaksanakan program pelatihan seni gamelan dan tari jawa di berbagai sekolah dasar di Kota Bagnolet. Kota Bagnolet merupakan kota yang berada di sebalah timur pinggiran Kota Paris, berpenduduk sekitar 38 ribu orang. Pemerintah daerah kota Bagnolet sangat mendukung program ini dengan turut serta memberikan dukungan anggaran.

Pelatihan gamelan dan tarian Jawa, serta wayang kulit diberikan kepada para remaja dan siswa sekolah dasar di kota Bagnolet, yang diikuti lebih dari 400 remaja. Kegiatan dilaksanakan tiap hari sejak minggu terakhir Oktober sampai akhir November 2020 ini secara bergantian, bertempat di Theater L’Échangeur – Bagnolet, bekerjasama dengan Asosiasi Pantcha Indra dan Surnatural Orchestra.

Merle-Anne Jorge, Wakil Walikota Bagnolet yang menangani Budaya dan Warisan Bersejarah, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada KBRI Paris yang telah memberikan kesempatan kepada remaja Bagnolet untuk mengenal seni budaya Indonesia. Prof. Warsito, Atdikbud KBRI Paris yang hadir menyaksikan latihan juga menyampaikan kepada Wakil Walikota bahwa tahun ini merupakan perayaan 70 tahun bilateral Indonesia – Prancis, kegiatan pelatihan ini juga merupakan bagian dari peringatan tersebut.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here