KPI Layangkan Teguran Keras

Foto : solotrust.com

Dalam siaran iklan Shopee, ditampilkan beberapa wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim.

Indonesiainside.id, Jakarta — Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) melayangkan peringatan keras kepada 11 stasiun televisi yang menayangkan iklan Shopee Blackpink dan acara “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale”.

Siaran iklan dan program acara tersebut dinilai tidak memperhatikan ketentuan tentang penghormatan terhadap norma kesopanan yang diatur dalam Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (P3SPS) KPI tahun 2012. Hal tersebut disampaikan KPI dalam surat peringatan untuk 11 stasiun televisi berjaringan nasional yang ditandatangani Ketua KPI Pusat Yuliandre Darwis, Selasa (11/12).

Komisioner Isi Siaran KPI Dewi Setyarini menjelaskan, pihaknya sudah memberikan keputusan atas tayangan iklan tersebut.

“Kami sudah memberikan keputusan terkait peringatan Mas, baik untuk acara blocking time maupun iklan,” ungkapnya kepada Indonesiainside.id.

Adapun 11 stasiun televisi yang kena surat peringatan tersebut yakni Trans TV, RCTI, RTV, MNC TV, Indosiar, TV One, ANTV, Trans7, GTV, Net, dan SCTV.

Dalam surat itu diterangkan, dalam siaran Iklan yang dimaksud ditampilkan beberapa wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim. Hal yang sama terdapat program “Shopee Road to 12.12 Birthday Sale” yang menampilkan beberapa wanita yang menyanyi dan menari dengan pakaian minim.

KPI Pusat menilai muatan demikian berpotensi melanggar Pasal 9 Ayat (1) SPS KPI Tahun 2012 tentang kewajiban program siaran memperhatikan norma kesopanan dan kesusilaan yang dijunjung oleh keberagaman khalayak terkait budaya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here