Tanam Sagu, Tommy Soeharto Jadi Anak Adat Sentani

Hutomo Mandala Putra atau Tommy Seoharto dikukuhkan sebagai anak adat Sentani, ditandai dengan pengalungan noken oleh Ketua Dewan Adat Sentani Demas Tokoro. Tommy dianggap berjasa karena melakukan penanaman 1000 pohon sagu di Kampung Kehiran. (hasibuan aman)

Indonesiainde.id, Jayapura Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dikukuhkan sebagai anak adat suku Sentani di Kampung Kehiran Sentani, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, Selasa (11/12). Pengukuhan sebagai anak adat ini ditandai dengan pengalungan noken yang dilakukan oleh Ketua Dewan Adat Sentani, Demas Tokoro.

Ketua Dewan Adat Suku Sentani, Demas Tokoro seusai pengalungan mengatakan, dijadikannya Ketua Umum Partai Berkarya Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto sebagai anak adat karena dianggap sebagai keluarga di dalam adat Sentani.

“Jadi  siapa saja yang datang ke Sentani meminta untuk masuk menjadi keluarga itu dianggap sah. Apalagi pengukuhan ini dilakukan dengan cara pengalungan noken oleh Abhu Afaa sehingga Tommy Soeharto sah menjadi bagian dari keluarga Simporo, Babrongko dan Yoboi. Ini kami anggap suatu hal yang positif dan sah apalagi dia sudah memberikan waktunya untuk kita dengan melakukan penanaman sagu. Ini sebuah simbol yang kemudian akan dikembangkan lagi menjadi hutan sagu,” kata Demas Tokoro.

Dalam sejarah di Sentani, kata Demas Tokoro, belum ada seorang pendatang seperti Tommy Soeharto ini melakukan penanaman sagu. Dan ini baru pertama kali dilakukan di Sentani, Kabupaten Jayapura.

Sebelum pengukuhan dilakukan penanaman 1000 pohon sagu di Kampung Kehiran I.

Ia berharap kepada Tommy Soeharto apabila nanti terpilih menjadi anggota DPR RI bisa memperjuangkan kesejahteraan masyarakat Papua. Sebab sekarang ini banyak anak-anak Papua yang menganggur setelah kuliah selesai.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here