Kadisdukcapil Padang Pariaman Akui Lalai

Foto : metrotvnews.com

eKTP elektronik  yang ditemukan adalah KTP yang rusak yang telah ditarik dari pemiliknya.

Indonesiainside.id, Pariaman — Ditemukannya dua kantong plastik KTP-el  di sekitar gudang penyimpanan arsip Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat, menjadi fokus perhatian Pemerintah Kabupaten setempat untuk ditelusuri penyebabnya.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman, M. Fadhly mengatakan pihaknya menerima informasi tentang hal ini dari Polsek Kota Pariaman pada Selasa sekitar jam 20:00 WIB. Setelah melakukan pertemuan dengan Kapolres Kota Pariaman dan melakukan pengecekan, didapatkan fakta KTP-el yang ditemukan adalah KTP Fotoyang rusak yang telah ditarik dari pemiliknya dan diganti dengan yang baru.

“KTP-el warga yang tidak digunakan lagi karena penggantian elemen data, penggantian alamat karena pemekaran wilayah, penggantian pekerjaan, penggantian status, dan penggantian KTP-el karena datang dari luar daerah Kabupaten Padang Pariaman, dimana yang bersangkutan telah mendapatkan KTP-el yang baru,” ujar Fadhly.

Sementara, Bupati Padang Pariaman Ali Mukhni, menginstruksikan kepada Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Padang Pariaman untuk melakukan penelusuran terhadap kejadian ini.

“Malam itu juga Kadis Dukcapil bersama staf menelusuri proses pengguntingan KTP-el yang sudah dilakukan sejak beberapa waktu lalu dimana proses pengguntingan ini adalah bagian dari proses pemusnahan KTP-el yang sudah tidak berlaku lagi,” kata Ali.

Dalam proses penelusuran tersebut didapatkan informasi dari sekretariat dinas, selaku penanggung jawab gudang, bahwa terbuangnya KTP-el tersebut di lokasi sekitar gudang adalah murni kekeliruan pengelola gudang dalam proses pemisahan barang/arsip yang akan dimusnahkan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here