Petaling Jaya Malaysia Belajar Inovasi Pengelolaan Lingkungan ke Surabaya

Keberhasilan Pemkot Surabaya mengelola lingkungan hidup di wilayanya menarik perhatian dari sejumlah pihak. Salah satunya Pemerintah Kota Bandaraya Petaling Jaya, Malaysia. Sejumlah delegasi dari Negeri Jiran ini datang ke Surabaya untuk melakukan studi banding terhadap capaian yang telah diraih kota terbesar kedua di Indonesia ini.

Indonesiainside.id, Surabaya – Ketua Penolong Pengarah Penghijaun Majlis Bandaraya Petaling Jaya Malaysia Marlena Binti Syafirudin mengatakan, kunjungannya bersama rombongan ke Surabaya ini dalam rangka mempelajari berbagai inovasi pengelolaan lingkungan yang telah berjalan. “Kedatangan kami ke sini (Surabaya) bersama rombongan untuk mempelajari terkait teknik-teknik pengelolaan lingkungan yang telah berhasil diterapkan oleh Surabaya,” kata Marlena.

Menurutnya, Surabaya sukses dalam bidang pengelolaan lingkungan. Berbagai inovasi pengelolaan lingkungan yang diterapkan Pemkot Surabaya membuat pihaknya tertarik untuk mengadopsi. Bahkan, kata dia, taman yang ada di Surabaya ini dinilai menarik, karena dirawat dengan menggunakan pupuk kompos hasil olahan sendiri.

“Kami telah mengunjungi Taman Bungkul dan Taman Harmoni, sangat kagum dengan taman di sini. Sebab, kalau taman di Malaysia, tidak menggunakan pupuk kompos sendiri, semua dibeli,” ujarnya.

Marlena berharap pihaknya dapat mempelajari lebih dalam mengenai inovasi-inovasi di bidang pengelolaan lingkungan yang telah dilaksanakan di Kota Surabaya. Sehingga, nantinya dapat diadopsi dan diterapkan di Bandaraya Petaling Jaya.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Pemkot Surabaya M Taswin lantas menjelaskan inovasi-inovasi yang telah diterapkan pemerintah dalam mengatasi berbagai permasalahan bidang lingkungan. “Pengolahan sampah di Surabaya dimulai dari rumah tangga. Jadi kami juga melibatkan warga untuk mengatasi masalah limbah rumah tangga ini. Kami menyediakan fasilitas pengelolaan sampah dengan kompos,” katanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here