Sandiaga Janji Jaga BUMN

Foto : Asia Times

Manuver politik saat ini ditengarai disusupkan dalam rencana kerja perusahaan plat merah. Jika dipercaya menjadi wakil presiden kelak, Sandiaga Uno tak akan melibatkan BUMN dalam kegiatan politis.

Indonesiainside.id, Jakarta — Sandiaga Uno berjanji tak seenaknya memberi tugas pada perusahaan plat merah. Sebab ia tak ingin menambah beban, apalagi membuat mereka terpaksa berutang.

“Karena BUMN ini bukan alatnya Prabowo-Sandi (jika menang). BUMN ini untuk memastikan bahwa Indonesia bisa adil dan makmur,” kata Sandiaga, Kamis, (13/12).

Penugasan nantinya, kata Sandiaga, disesuaikan kemampuan BUMN. Artinya, tugas memang harus diberikan, namun secara proporsional. Termasuk dalam membangun infrastruktur dan pemenuhan kebutuhan masyarakat lainnya.

“Kami realistis. Kami akan berikan penugasan kalau secara keuangan, neraca, operasional baik,” imbuhnya.

Ada skema prioritas proyek infrastruktur yang tengah digodok Sandiaga. Nantinya hal tersebut akan menjadi dasar penugasan, termasuk fokus-fokus daerah yang menjadi prioritas. Dengan demikian, pembangunan proyek akan terstruktur dan jauh dari kesan dipaksakan.

“Kami fokuskan ke infrastruktur yang langsung bersentuhan dengan rakyat,” sebut Sandiaga.

Selain itu, ia juga telah memikirkan skema khusus untuk meminimalisir utang. Misalnya dengan kerja sama antara pemerintah dan swasta. Dengan demikian, banyak pihak memikul beban anggaran pembangunan, sehingga dialihkan dari yang selama ini ditanggung APBN.

“Sehingga keuangan negara, ruang fiskal itu bisa kami arahkan ke infrastruktur yang bersentuhan dengan rakyat saja,” tukas Sandiaga.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here