Akhirnya Dicabut, Instruksi Mendagri yang Mengatur Cara Berhijab ASN

Instruksi Mendagri Nomor 225/10770/SJ/Tahun 2018 yang mengatur tentang cara berhijab bagi ASN, resmi dicabut. Mendagri tak mau aturan itu dipolitisir.

Indonesiainside.id, Jakarta — Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo mengatakan, sebenarnya aturan terkait tatacara berhijab bagi ASN itu telah berjalan empat tahun belakang. Namun saat dirapikan menjadi instruksi, muncul kritik yang menyoal cara berhijab.

“Daripada jadi isu politik dan sudah dipolitisir, ya kami cabut, batalkan edaran yang sifatnya “agar” (dan) imbauan demi kerapian sebagai ASN untuk seragam dinas,” ujar Tjahjo di Jakarta, Jumat, (14/12).

Sekretaris Jenderal Kemendagri Hadi Prabowo membenarkan bahwa instruksi yang sudah dicabut itu berisi imbauan. Artinya, bukan sebuah larangan bahwa Aparatur Sipil Negeri (ASN) tak boleh berhijab di luar ketentuan.

Hadi menyebut arahan itu untuk mengingatkan ASN agar berpakaian rapi saat mengikuti upacara, dan memberikan pelayanan. “Frase kata agar dalam Inmendagri tersebut memiliki arti imbauan, bukan merupakan suatu larangan,” bebernya.

Lebih lanjut soal pencabutan instruksi, pihaknya telah menerima masukan dari masyarakat terkait hal ini. “Kemendagri telah memperoleh masukan dari masyarakat dan memutuskan untuk mencabut Inmendagri tersebut,” tandasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya Politisi PKS Suhud Aliyudin menyebut ada blunder yang dilakukan Mendagri terkait hal ini. Terutama terkait implementasi syariat Islam soal hijab.

“Jika surat yg beredar itu betul, maka ini menjadi semacam langkah mundur,” kata Aliyudin di Jakarta, Jumat (14/12).

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here