MIUMI Aceh: Survei Setara Institute Ngawur

Dr Muhammad Yusran Hadi

Setara Institute merilis daftar Indeks Kota Toleran (IKT) di tahun 2018. Dari 94 kota yang disurvei, disebut ada sepuluh kota dengan toleransi yang tertinggi dan tiga kota dengan toleransi terendah, termasuk Banda Aceh.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Aceh Ustaz Muhammad Yusran Hadi sangat menyayangkan rilis yang disampaikan oleh Setara Institute yang mengatakan bahwa Banda Aceh termasuk tiga kota paling intoleran di Indonesia. Rilis itu berdasarkan survei mengenai Indeks Kota Toleran 2018 yang dilakukan oleh Setara Institute terhadap 94 kota di Indonesia di mana Banda Aceh menduduki peringkat kedua terendah dengan urutan ke 93.

Survei yang dilakukan sejak November 2017-Oktober 2018 ini menyimpulkan bahwa Banda Aceh sebagai kota paling intoleran di Indonesia menduduki peringkat kedua. Ada pun 10 kota toleran versi Setara Institute yaitu Singkawang, Salatiga, Pematang Siantar, Manado, Ambon, Bekasi, Kupang, Tomohon, Binjai, Surabaya. Sementara tiga kota dengan toleransi terendah, atau intoleran yaitu Jakarta, Banda Aceh, Tanjung Balai.

“Pernyataan Setara Institute itu tidak benar. Survei ini tidak didukung oleh data yang valid dan fakta yang ada. Ini jelas pembohongan publik. Ini sama saja menuduh syariat Islam yang selama ini diberlakukan di Aceh telah menciptakan kehidupan intoleran di Aceh, khususnya di Banda Aceh sebagai ibukota provinsi Aceh. Tentu saja survei ini telah melukai hati umat Islam di Aceh, khususnya di Banda Aceh,” ujar Yusran.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here