Koalisi Masyarakat Sipil: Penegakan Hukum Harus Transparan dan Akuntabel

Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan Usman Hamid (ketiga kanan) Komnas HAM harus berperan aktif untuk mengurai perisitiwa kekerasan dan penyerangan ini sehingga terdapat fakta objektif. Foto: Ahmad Z.R

Badan-badan HAM internasional menyatakan secara jelas bahwa lingkup pengadilan militer sebaiknya dibatasi pada pelanggaran disiplin kemiliteran, sedangkan pelanggaran HAM dan kejahatan-kejahatan menurut hukum internasional sebaiknya ditangani oleh pengadilan umum.

Indonesiainside.id, Jakarta — Koordinator Koalisi Masyarakat Sipil untuk Reformasi Sektor Keamanan Usman Hamid menyesalkan belum adanya kemajuan berarti berupa identifikasi pelaku-pelaku di peristiwa perusakan Polsek Ciracas dan rumah warga pelaku pengeroyokan anggota TNI, baik dari proses pengusutan internal oleh TNI maupun pengusutan secara hukum oleh Polri.

Koalisi menilai indikasi kuat pelaku-pelaku penyerangan peristiwa tersebut merupakan anggota-anggota TNI. Pertama, peristiwa tersebut diduga kuat merupakan aksi pembalasan terhadap peristiwa sebelumnya yang terjadi di sebuah pertokoan bemama Arundina di bilangan Ciracas, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

Saat itu, seorang anggota TNI terlihat berselisih dan berkelahi dengan seorang juru parkir setempat setelah kepala anggota TNI itu terbentur sebuah motor yang tengah dipindahkan oleh sang juru parkir. Saat peristiwa itu pula, sejumlah warga sipil lain yang merupakan juru parkir setempat ikut terlibat dalam peristiwa perkelahian dua orang tersebut hingga akhirnya terlibat mengeroyok anggota TNI tersebut.

Menurut informasi di sekitar peristiwa penyerangan Mapolsek, terlihat bahwa para pelaku memang mempertanyakan apakah pihak kepolisian telah menindak pelaku pengeroyokan di atas. Saat berkumpul di area Mapolsek Ciracas, mereka cenderung memperlihatkan rasa tidak percaya dan tidak puas atas penjelasan kepolisian bahkan penjelasan pimpinan mereka sendiri yang saat itu mendatangi lokasi Mapolsek Ciracas dan mencoba menenangkan massa yang indikasi kuat adalah anggota TNI.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here