Ketua MPR Serukan Independensi Media

Menurut dia, mayoritas media memiliki keberpihakan bahkan menjadi tim sukses. Sehingga berita yang disampaikan kepada masyarakat tidak berimbang.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketua MPR Zulkifli Hasan mengatakan pentingnya netralitas dan independensi media dalam tahun-tahun politik. Di tahun politik, publik mengharapkan media tetap melaksanakan tugasnya sebagai pilar dalam demokrasi. Demikian disampaikan Zulkifli dalam refleksi akhir tahun Parlemen di Senayan, Jakarta, Selasa (18/12).

“Saya selalu mengatakan media di mana-mana itu berpihak. Terkadang biasa saja tetapi kalau sudah menjadi tim sukses, jadi sulit. Saya kira pemilik perlu mendapat informasi yang seimbang,” ujar lelaki yang juga populer disapa Zulhas ini.

Dalam perjalanan reformasi selama 20 tahun, Ketum PAN tersebut mencatat masih banyak catatan dan sorotan meski capaian-capaian tertentu telah dilaksanakan.

“Dulu MPR sebagai kedaulatan rakyat paling tinggi, makanya Presiden sebagai mandataris. Setelah amandemen, kedaulatan kekuasaan langsung rakyat yang punya, itu mekanisme, cara kita menentukan pilihan. Tetapi tujuan kita Indonesia tetap merdeka, berbangsa dan tidak ada perubahan apa pun,” katanya.

Karena itu, Zulhas mengajak rekan-rekan media membangun suasana perdamaian, persahabatan, dan kompetisi yang santun sehingga rakyat turut santun dan ramah dalam berpolitik.

“Jadi Pileg, Pilpres itu bukan untuk pecah belah tetapi untuk bersatu, untuk menyatukan kita. Oleh karena itu, MPR selalu mengkampanyekan menghadapi pemilu dengan penuh persahabatan, pemilu yang damai dan pemilu yang menggembirakan. Kalau dikemas satu kalimat yakni friendly competition,” tegasnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here