KPU Targetkan Debat Perdana 17 Januari 2019

Ketua KPU RI Arief Budiman menjelaskan kepada awak media terkait rapat koordinasi persiapan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden Pemilu 2019. Foto: Ahmad Z.R.

Ada beberapa kendala teknis yang masih tarik ulur. Di antaranya terkait tanggal, tema debat, lokasi, panelis, dan moderator.

Indonesiainside.id, Jakarta — Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia (KPU RI) mengadakan rapat koordinasi persiapan debat pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam Pemilu 2019 mendatang dengan anggota Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi (BPN Padi) dan Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf.

Menurut pantauan Indonesiainside.id, rapat koordinasi yang sedianya dilaksanakan pukul 10.00, baru dimulai pukul 11.00 WIB. Ketua KPU Arief Budiman tiba sekitar pukul 10.40 dan berkenan memberikan keterangan kepada awak media.

Ketua KPU Arief Budiman mengatakan, rapat koordinasi Rabu (19/12) ini merupakan tindaklanjut dari pertemuan sebelumnya yang membahas tanggal, tema, lokasi, panelis debat, dan moderator.

“Nah, pekan kemarin sudah kita sepakati masing-masing termasuk KPU akan mengusulkan nama untuk ditetapkan sebagai panelis, moderator, keputusan tentang tempat. Sebelumnya KPU mengusulkan di Jakarta dan Surabaya, sebagian tim maunya di Surabaya saja,” ujar Arief di Gedung KPU, Jakarta, Rabu (19/12).

Ia berharap dalam rapat koordinasi tersebut dapat memutuskan rancangan agenda untuk debat perdana. Sebab, menurut jadwal KPU debat pertama akan diselenggarakan tanggal 17 Januari.

“Setidaknya debat hari ini dapat memutuskan untuk debat tanggal 17Januari. Karena kalau hari ini nggak selesai, bisa lama lagi,” katanya.

Sebelumnya, KPU mengusulkan debat dilakukan empat kali di Jakarta dan satu kesempatan di Surabaya. Namun, kedua perwakilan paslon lebih menginginkan seluruh rangkaian debat dilaksanakan di Jakarta.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here