12.000 Keping e-KTP Bermasalah Dibakar Di Yogyakarta

Sebanyak 12.232 keping e-KTP rusak atau invalid dibakar Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Yogyakarta di halaman Balaikota Yogyakarta, Jumat (21/12).

Indonesiainside.id, Yogyakarta — Ribuan e-KTP tersebut merupakan cetakan periode tahun 2011 hingga 2013.

“Terkait pembakaran ini sesuai dengan surat edaran dari Mendagri tentang pemusnahan e-ktp rusak atau invalid,” jelas kepala Disdukcapil Kota Yogyakarta Sisruwadi.

Menurutnya, pemusnahan ribuan keping e-ktp tersebut agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggungjawab. “Ini dicetsk di pusat dan dikirim ke daerag, banyak yang tidak diambil karena sudah banyak perubahan biodata, ada yang pindah, ada yang meninggal,” jelasnya.

Lanjutnya, e-KTP yang invalid tersebut karena ada sejumlah data yang sudah berubah. “Prosesnya perekaman data dulu kan lama, rekamnya bulan satu, bulan enam baru dikirim, walauoun berlaku seumur hidup, tetap harus diganti dengan e-ktp yang baru,” terang Sisruwadi.

Sementara untuk e-KTP yang dicetak diatas tahun 2014, pihaknya  akan melakukan pemusnahan serupa secara periodik. “Tahapannya yang rusak atau invalid, kita potong ujungnya, itu prosedurnya, dan jumlahnya kita belum hitung,” pungkasnya.

(Achmad Khoirul Anam/INI-Network)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here