Santri Harusnya Jadi Pengusaha

Sandiaga Uno ketika mengunjungi Ponpes Ngabar Wali Songo, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat malam (21/12). Foto : Istimewa

Sandiaga Uno menyebut pihaknya tak menjadikan santri sebagai komoditas pemilu. Ia malah meminta mereka fokus berusaha, ketimbang terjun ke dunia politik.

Indonesiainsid.id, Jakarta — Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berharap para santri milenial untuk membangun negeri ini dengan menjadi entrepreuner. Salah jika mereka termotivasi untuk terjun ke dunia politik.

“Peran ini (pengusaha) bisa diambil para santri, jangan jadi politisi, menguras kantong,” canda mantan wakil Gubernur DKI ini yang disambut tawa para santri di joglo Ponpes Ngabar Wali Songo, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat malam (21/12).

Menurut Sandi, milenial seperti santri adalah ujung tombak Indonesia. Apalagi beberapa tahun ke depan mereka juga dilibatkan dalam bonus demografi. Hal itu akan membuat Indonesia lebih gemilang di tahun-tahun mendatang.

Terkait hal ini, Sandi meminta para santri milenial harus terus memikirkan cara-cara baru, temukan terobosan-terobosan, selalu siap mengambil resiko dan silaturahmi dengan membuat jejaring.

“Karena silaturahmi itu selain memperpanjang umur, juga salah satu pintu rejeki,” ujarnya.

Menurut Sandi, para santri bisa menciptakan jejaring atau network untuk masa depan sebagai pengusaha. Sebab jejaring ini punya fungsi seperti fondasi dalam bisnis, entrepreneurship. Hal itu sebenarnya secara tak langsung sudah mereka dapati melalui interaksi antar santri.

“Santri milenial harus menciptakan masa depan untuk sendiri, pemuda bisa cari peluang. Harus jadi entreprenuership, you can do it,” tandas Sandi.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here