Ada 10 Bus Suroboyo Baru, Bayar Tetap Pakai Sampah Plastik

10 armada tambahan Bus Suroboyo yang sudah datang di Surabaya dan kini diparkir di Terminal Osowilangon.

Indonesiainside.id, Surabaya – Sempat menjadi pembahasan alot di DPRD Surabaya, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surabaya kedatangan armada baru Bus Suroboyo. Selasa (25/12). 10 armada Bus Suroboyo itu sudah tiba di Kota Pahlawan dan kini berada di Terminal Osowilangon (TOW).

Dengan tambahan armada ini, berarti jumlah Bus Suroboyo menjadi 20 unit. Armada ini akan digunakan untuk menambah jumlah bus yang telah melayani rute Terminal Purabaya-Rajawali (utara-selatan) dan ITS-Pakuwon Trade Center (timur-barat) itu.

“Rencananya akan dioperasionalkan Januari 2019 nanti,” ungkap Kepala Dishub Irvan Wahyudrajad, Selasa (25/12).

Ia menjelaskan, sementara ini pihaknya akan melakukan sejumlah persiapan. Di antaranya, mengurus dokumen surat-surat kendaraan bermotor, rekrutmen driver, dan menganalisa kebutuhan masyarakat atas bus tersebut.

Bus Suroboyo ini pertama kali dioperasikan 7 April 2018 lalu. Kapasitas angkut bus bisa untuk 67 penumpang. Tempat duduk antara laki-laki dan perempuan dipisahkan.

Bus dengan lebar 2.4 meter dan panjang 12 meter ini memiliki kursi berwarna pink untuk penumpang perempuan dan kursi berwarna oranye untuk laki-laki. Kursi berwarna oranye ada di bagian belakang. Hal ini untuk memberikan kenyamanan dan keamanan kepada penumpang, terutama mengantisipasi tindak pelecehan.

Irvan mengatakan, bus akan dipakai menambah jumlah armada Bus Suroboyo yang sudah ada. Ia pun menerangkan rute yang akan dilewati armada tambahan ini sama dengan rute bus yang sebelumnya. Artinya, tidak ada rute baru.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here