Kemendagri Akan Jemput Bola Perekaman KTP-el

Ilustrasi e-ktp. Foto: Era.id

Menutup masa kerja tahun 2018, Kementerian Dalam Negeri melalui Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil akan melakukan jemput bola perekaman KTP-el serentak pada Kamis (27/12) mendatang.

Indonesiainside.id, Jakarta — Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dirjen Dukcapil) Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menuturkan, target dan prioritas pertama jemput bola ini adalah untuk menyasar pemilih pemula di SMU/SMK atau di pondok pesantren dan warga binaan di rutan/lapas.

“Prioritas kedua adalah penduduk yang ada di perusahaan/pabrik atau perkantoran. Pertimbangan kedua hal di atas adalah target sudah terkonsentrasi, mudah penanganan perekaman dan distribusi KTP-el-nya. Termasuk bila blanko habis, dapat disusulkan KTP-el-nya pada awal Januari,” ujarnya di Jakarta.

Karenanya, ia menugaskan kepada Kepala Dinas (Kadis) Dukcapil Kab/Kota untuk segera menentukan titik jemput bola. Kadis Provinsi juga harus memastikan seluruh wilayahnya tertib dan taat melaksanakan jemput bola. Sedangkan tugas Korwil (koordinator wilayah) dan PJ (penanggung jawab) ialah memastikan 514 daerah melakukan jemput bola serentak.

“Para Kadis dapat memonitor, mencatat dan melaporkan via grup WA (Whatsapp) secara teratur. Untuk korwil agar monitor dan siapkan reward serta punishment,” katanya.

Kementerian Dalam Negeri, kata Zudan, akan memberikan piagam penghargaan kepada seluruh Kadis Provinsi, Kabupaten dan Kota yang melaksanakan program ini.

“Mari terus menebar manfaat. Melayani dan membahagiakan masyarakat. Terus kompak dan solid. Bergerak serentak dalam satu barisan Dukcapil,” tandasnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here