Perekaman KTP-el Capai 97,36%

Dirjen Dukcapil Zidan Arif Fakrulloh (kiri) menjelaskan, perekaman KTP el bukan hanya bertujuan sebagai syarat menjadi pemilih pada Pilkada dan Pemilu, tapi juga sebagai data kependudukan untuk Iayanan publik Iainnya. Foto: Ahmad Z.R.

Pemanfaatan data dan dokumen kependudukan untuk Iayanan publik merupakan upaya menuju single identification number.

Indonesiainside.id, Jakarta — Selama empat tahun, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menjalankan fungsi utama sebagai proses jalannya pemerintahan dan politik dalam negeri, menegakkan demokrasi, serta menjaga integritas bangsa dan meningkatkan pelayanan publik.

Salah satu dari enam Bidang Prioritas Pembangunan Kemendagri adalah Pelayanan Administrasi Kependudukan. Bentuk layanan tersebut berupa layanan KTP-el sebagai layanan terhadap identitas Warga Negara Indonesia.

Menurut Dirjen Dukcapil Zidan Arif Fakrulloh, perekaman KTP-el bukan hanya bertujuan sebagai syarat menjadi pemilih pada pilkada dan pemilu, melainkan juga sebagai data kependudukan untuk Iayanan publik Iainnya.

“Saat ini, proses perekaman KTP-e| sudah mencapai 97,36 persen dan pada Tanggal 27 Desember 2018 kami akan melakukan jemput bola perekaman KTP-el serentak secara nasional,” ujar Zudan dalam Laporan Akhir Tahun 2018 Kemendagri di Jakarta, Rabu (26/12).

Sejak tahun 2014 sampai dengan Oktober 2018, pemanfaatan data kependudukan dari Kemendagri tercatat 42 Kementerian/Lembaga sudah menandatangani MoU dengan 1.131 lembaga pengguna yang telah melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama, 576 Iembaga pengguna yang telah melakukan penandatanganan juknis, dan 313 Iembaga pengguna terkoneksi ke data ware house dwh Ditjen Dukcapil Kemendagri.

Zudan menjelaskan, Kemendagri punya gagasan dan impian besar mengintegrasikan data dalam semua proses berpemerintahan di Indonesia. Menurut dia, dengan integrasi data ini memudahkan semua proses dan proses tersebut secara bertahap telah dilakukan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here