BNPB: Ancol Tak Terdampak Tsunami Selat Sunda

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menjamin wilayah pesisir Jakarta aman pasca-tsunami yang Sabtu (22/12) lalu menerpa wilayah Serang, Pandeglang dan Lampung Selatan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Kepala Pusat Data dan Informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho menyebut pihaknya telah memastikan bahwa daerah pesisir Jakarta seperti Ancol, tak terdampak tsunami. Untuk memastikan informasi tersebut, Manajemen Taman Impian Jaya Ancol melakukan koordinasi dengan Sutopo.

“Tsunami Selat Sunda tidak akan sampai ke Ancol. Jika gelombang tinggi itu pengaruh dari cuaca dan laut. Info gelombang dapat melihat website BMKG,” kata Sutopo di kantor BNPB (26/12).

Ia menyebut peringatan dini gelombang tinggi yang terdapat pada website BMKG memprediksi wilayah dengan gelombang tinggi pada hari ini di selatan Sumatera, selatan Jawa, utara Kalimantan, utara Sulawesi hingga utara Papua. Sedangkan di wilayah utara Jawa diprediksi mengalami Slight Sea atau gelombang antara 0,5 – 1,25 meter.

Sutopo menyebut, Manajemen Ancol juga telah memiliki prosedur standar operasional terkait dengan keadaan darurat salah satunya apabila terjadi bencana alam. Para lifeguard Ancol, kata dia, senantiasa memberikan imbauan kepada pengunjung dengan pengeras suara.

Petugas keamanan dan lifeguard yang berjaga di sekitar pantai juga akan siap untuk mengarahkan pengunjung ke titik berkumpul dan lokasi yang lebih aman apabila terjadi keadaan darurat.

“Keamanan dan kenyamanan pengunjung dalam berekreasi merupakan prioritas bagi kami. Untuk itu kami selalu berupaya yang terbaik dan mempersiapkan apabila terjadi hal-hal yang tidak diharapkan”, ucap Sunarto, VP Taman Impian Jaya Ancol.

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here