Aksi Umat Islam Jatim Bela Muslim Uighur

Aksi Memprotes pelanggaran HAM yang dilakukan Pemerintah Cina terhadap Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang

Indonesiainside.id, Surabaya — Ribuan warga muslim Jawa Timur seusai shalat Jumat (28/12) menggelar aksi unjuk rasa di depan Konjen Republik Rakyat Tiongkok (RRC) di Surabaya.

Lebih dari 5000 ribu massa yang dimotori Gerakan Umat Islam Bersatu (GUIB) Jawa Timur dan Solidaritas Ormas Islam Surabaya (SOLARIS) ini menggeruduk kantor Konjen RRC yang beralaman di JL. Mayjend. Soengkono, No. 105, Dukuh Pakis, Kota Surabaya

SOLARIS dan GUIB merupakan perwakilan ormas-ormas Islam di seluruh Jawa Timur, antara lain dari Muhammadiyah, Al-Irsyad Surabaya, Hidayatullah, FPI Surabaya dan GUIB (Gerakan Umat Islam Bersatu) Jawa Timur.

Aksi ini merupakan protes atas pelanggaran Hak Asasi Kemanusiaan (HAM) yang dilakukan oleh pemerintah Republik Rakyat Cina (RRC) terhadap Muslim Uighur di Provinsi Xinjiang.

Para pengunjuk rasa mendesak agar pemerintah RRC segera menghentikan persekusi tak manusiawi terhadap Muslim Uighur.

Ribuan pendemo yang terdiri puluhan elemen ormas Islam ini melakukan long march dari Masjid Islamic Center Surabaya, sambil berorasi agar semua umat Islam di Indonesia, meminta pemerintah Cina tidak melanjutkan penindakan massal kepada Muslim Uighur di provinsi Xinjiang.

Dalam aksinya, massa membawa berbagai atribut, termasuk bendera tauhid dan poster yang menyerukan agar muslim Uighur diberikan kebebasan dan hak menjalankan kewajiban beragamanya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here