BPN Setuju Mitigasi Bencana Jadi Materi Debat

ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho/kye.

Penanganan bencana harus semakin baik ke depan. Adu gagasan terkait mitigasi bencana harus jadi salah satu materi dalam debat pilpres.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketua Badan Pemenangan Nasional (BPN), Jenderal TNI (Purn) Djoko Santoso merespons positif usulan tentang materi debat, terkait mitigasi bencana. Ia menyebut hal itu harus dikritisi dan digali lebih dalam.

“Karena perdebatan yang dibutuhkan masyarakat itu sangat bagus. Sehingga menghasilkan pemikiran-pemikiran yang baik tentang bagaimana kita menghadapi bencana. Jadi saya kira bagus,” kata Djoko di Jakarta.

Menurutnya, banyak aspek bisa digali dari usulan itu. Misalnya menyoal pendidikan terkait waspada bencana, sebab saat ini hal itu perlu diperbaiki.

Mendesak, kata Djoko, mengingat Indonesia berada di wilayah ring of fire. Dimana potensi bencana dari gunung berapi dan retakan bumi harus sangat diwaspadai.

Djoko secara spesifik menyinggung sistem peringatan dini yang dirasa harus dioptimalkan. “Bagaimana penyiarannya bagaimana, alarmnya bagaimana, ya kesiapsiagaannya banyak. Memang banyak hal yang kita harus perbaiki, untuk meningkatkan kualitas kemampuan kita menghadapi bencana,” bebernya.

Ia menyebut, meski pendidikan kewaspadaan bencana sudah ada, namun jangkauannya terbatas. Menurutnya pendidikan terkait hal itu belum menyentuh masyarakat yang tinggal di pedalaman, atau daerah terpencil.

“Di daerah-daerah lain saya kira masih perlu. Dan juga latihan-latihan, demikian juga pendidikan masyarakat. Kalau ada gempa bagaimana harus masuk di bawah kolong meja. Kalau tsunami larinya kemana,” tandas Djoko.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here