Bencana Longsor Jelang Pergantian Tahun Baru

Evakuasi Korban Longsor Sukabumi

Tim SAR baru evakuasi 33 korban longsor di Sukabumi. Pencarian masih dilanjutkan pagi ini

Indonesiainside.id, Sukabumi — Bencana longsor kembali terjadi akibat hujan deras yang mengguyur senin kemarin. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sukabumi melaporkan terjadi longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok.

Hingga pagi tadi, Tim SAR gabungan sudah berhasil menyelamatkan 33 warga terdampak tanah longsor di Kampung Garehong, Dusun Cimapag, Desa Sinarresmi, Kabupaten Sukabumi, hingga Selasa dini hari.

“Ada 107 jiwa yang menghuni kampung yang berada di Desa Sinarresmi, Kecamatan Cisolok, tersebut dan baru 33 berhasil diselamatkan, dua meninggal dan puluhan lainnya belum diketahui keberadaannya,” kata Kepala Desa Sinarresmi Iwan melalui sambungan telepon.

Ia mengatakan korban selamat sebagian dievakuasi ke RSUD Palabuhanratu karena mengalami luka-luka seperti patah tulang.

Tim pencarian dan pertolongan yang mengevakuasi warga terdampak longsor meliputi anggota TNI, Polri, Basarnas, Sarda, relawan serta warga setempat. Mereka cukup kesulitan mengevakuasi korban dalam kondisi hujan dan minim penerangan.

“Kami masih kesulitan melakukan pendataan, yang terpenting sekarang menyelamatkan korban yang terjebak di lokasi longsor untuk meminimalisasikan jumlah korban jiwa,” kata Iwan.

Ketua Forum Koordinasi SAR Daerah Kabupaten Sukabumi Okih Fajri Assidiqie mengatakan korban selamat yang berhasil dievakuasi umumnya mengalami luka seperti memar, sobek maupun patah tulang.

“Korban langsung dibawa ke RSUD Palabuhanratu untuk mendapatkan pertolongan dan perawatan dari tim medis, namun kami belum mengetahui berapa total warga yang meninggal dunia,” katanya.

(Kholis/Ant)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here