Masuki Puncak Penghujan Masyarakat Diminta Waspada

Ilustrasi cuaca, awan hitam menyelimuti langit Jakarta foto: Antara

Masyarakat diminta tetap waspada dengan potensi angin kencang dan sementara waktu tidak berlayar

Indonesiainside.id, Jakarta — Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, sekitar 77 persen seluruh wilayah di Indonesia telah memasuki musim penghujan. Puncak penghujan diprediksi terjadi sepanjang Januari hingga Februari mendatang.

“Hampir rata- rata 95 persen hujan akan berlangsung di Januari ini,” kata Kepala Bagian Humas BMKG, Taufan Maulana kepada Indonesiainside.id, Kamis (3/1).

BMKG mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan cuaca buruk atau angin kencang. Berdasarkan analisis kondisi atmosfer, pada jam 07.00 WIB tanggal 31 Desember 2018, teridentifikasi adanya peningkatan tekanan udara di dataran Asia.

Terpantau juga bibit siklon di Laut China Selatan. BMKG juga mengidentifikasi adanya bibit siklon tropis di Teluk Carpentaria Australia (sebelah selatan Papua) dan di samudera Hindia (sebelah selatan Jawa).

Kondisi ini menyebabkan pergerakan massa udara dari Asia yang bergerak menuju Indonesia mengalami penguatan, sehingga berdampak pula pada potensi peningkatan kecepatan angin, ketinggian gelombang laut, dan potensi hujan lebat di beberapa wilayah di Indonesia.

Selain potensi bencana akibat angin kencang dan hujan lebat, masyarakat diharapkan waspada juga terkait gelombang tinggi di Indonesia. Tinggi gelombang laut di wilayah perairan Indonesia saat ini didominasi dengan ketinggian gelombang berkisar antara 1.25 – 2.5 meter.

“Jadi masyarakat diimbau waspada karena hampir semua wilayah telah memasuki masa transisi musim hujan utamanya di Pulau Jawa,” tuturnya.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here