Peserta Pemilu Sepakat KPU Berikan Pertanyaan Sebelum Debat

Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Priyo Budi Santoso. Foto: Istimewa.

Komisi Pemilihan Umum (KPU), Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi dan Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf, sepakat ada pertanyaan yang diberikan penyelenggara pada peserta pemilu.

Indonesiainside.id, Jakarta — Wakil Ketua BPN Prabowo – Sandi, Priyo Budi Santoso menyebut kedua pihak menyepakati ada pertanyaan terkait debat, yang dikirimkan oleh KPU.

“Prinsipnya sudah kami setujui, 10-20 pertanyaan yang disiapkan oleh para panelis,” kata Priyo di Jakarta, Minggu, (06/01).

Senada, Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi mengamini kesepakatan itu. Artinya, keputusan tersebut didasari persetujuan para peserta, bukan sepihak dari penyelenggara.

“Semua didiskusikan bersama antara KPU dan kedua timses pasangan capres-cawapres. Termasuk kisi-kisi soal. Itu disepakati oleh kedua belah pihak,” bebernya.

Untuk diketahui, KPU bakal menggunakan format pertanyaan terbuka dan tertutup dalam debat 17 Januari nanti. Hak Asasi Manusia (HAM), Terorisme, Hukum dan Korupsi akan menjadi tema dalam debat tersebut.

Ada pun terkait pertanyaan terbuka, KPU mengirimkan pertanyaan pada tanggal 7 Januari 2019. Pertanyaan tersebut dikirim 10 hari sebelum debat berlangsung.

Sekira 20 pertanyaan bakal disiapkan, namun hanya tiga pertanyaan yang diajukan saat debat berlangsung.

(Rengga Permana)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here