Prabowo-Sandi Kampanyekan Penggunaan Kantong Belanja Kertas

Relawan Prabowo-Sandi mengampanyekan penggunaan kantong belanja berbahan kertas. Foto: Istimewa.

Isu lingkungan menjadi salah satu isu yang dikedepankan paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Paslon 02 menghendaki Indonesia yang lebih ramah lingkungan ke depan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Ketua Sekretariat Nasional (Seknas) Relawan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, M. Taufik menyebut pihaknya menginisiasi gerakan ramah lingkungan. Relawan didorong untuk mengampanyekan penggunaan kantong belanja dari kertas.

Gerakan ini dipusatkan di tiga kota yakni Jakarta, Semarang, dan Pekanbaru, dengan sasaran utama pasar tradisional.

“Kami akan menggerakkan relawan untuk menukarkan kantong belanja plastik dengan kantong belanja berbahan kertas dari kami, sebanyak 20 ribu buah di tiga kota tersebut dengan menyasar pasar-pasar tradisional,” kata Taufik di Kantor Pusat Seknas Prabowo-Sandi di Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/1).

Ia menyebut, gerakan ramah lingkungan ini berawal dari keprihatinan Seknas Prabowo-Sandi atas penggunaan kantong plastik yang terlalu masif. Sementara, bahan kantong itu sangat sulit terurai dan membebani lingkungan dengan gunungan sampah plastik.

Mengutip penelitian para ahli, Taufik juga menyebut penggunaan plastik di Jakarta sudah mengkhawatirkan. Sehingga perlu kepedulian untuk mendorong masyarakat agar mengurangi penggunaan kantong belanja dari plastik.

“Jika diteliti, penggunaan kantong plastik itu justru banyak di pasar tradisional, kalau di mall atau pusat perbelanjaan modern sudah banyak menggunakan paperbag juga,” kata Taufik.

Selain di pasar, pihaknya juga merambah daerah dermaga di Jakarta. Sebab di kawasan itu juga banyak masyarakat menggunakan kantong plastik. Relawan akan turun secara sistematis, utamanya dalam menyasar masyarakat yang menyeberang ke Kepulauan Seribu.

“Ini adalah wujud kepedulian kami pada lingkungan karena kantong belanja dari kertas lebih mudah terurai,” imbuhnya.

Rencananya, besok Senin (7/1) pihaknya akan memulai gerakan ramah lingkungan. Teknisnya dengan menerjunkan 1 sampai 5 relawan di setiap pasar di Jakarta di sekitar 153 titik.

(Rengga Permana)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here