Sandiaga Tekankan Pentingnya Pendidikan Akhlaqul Karimah

Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno saat berdialog dengan pelaku ekonomi di Surabaya, Jawa Timur, (4/12/2018). Foto: Antara

Oleh: Suandri Ansah

Kalau mau membenahi semua akar dari permasalahan sosial ada di pendidikan

Indonesiainside.id, Jakarta — Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Salahudin Uno mengatakan, dalam ranah pendidikan pihaknya akan fokus pada pendidikan karakter yang mampu memberi dampak pada penguatan akhlaqul karimah.

Sandiaga menilai, permasalahan sosial terjadi karena kurangnya muatan pendidikan karakter. Pendidikan karakter, sebagaimana diyakini Sandiaga, mampu memperapik tatakrama peserta didik dalam pergaulan sosial.

“Seperti mengajarkan peduli sosial, saling gotong-royong, dan nilai nilai luhur bangsa lainnya itu ada di pendidikan karakter. Dan memang kalau mau membenahi semua akar dari permasalahan itu ada di pendidikan,” kata Sandiaga di Fx Sudirman, Jakarta Selatan, Selasa (8/1).

Selain itu, menurut Sandiaga, pendidikan juga bisa memperkecil kesenjangan ekonomi masyarakat. Lewat pendidikan, katanya, rantai kemiskinan bisa diputus, ketidakadilan bisa dihapus.

“Pendidikan adalah eskalator kita menunjuu kesejahteraan. Kita memutus rantai kemiskinan dan menghilangkan rasa ketidakadilan kalau bisa memberikan akses pendidikan yang setara kepada masyarakat,” tuturnya.

Sandiaga juga menyoroti program pemerataan buku. Menurutnya, program tersebut sangat membantu. Tapi, dari kujungannya ke kota-kota di seluruh Indonesia, Sandiaga menemukan bahwa akses buku masih sulit

“Ada beberapa keluhan bahwa itu tidak dibagikan merata sehingga kesulitan dapatkan buku dan harganya mahal untuk dapatkan buku setingkat dengan buku yang dibagikan,” katanya. Program buku yang dimaksud adalah program pengiriman buku gratis lewat PT Pos Indonesia.

“Bagi kita ke depan bagaimana program yang bagus itu bisa diteruskan di eksekusi dengan baik sehingga distribusinya jauh merata ke depan,” katanya. Dia berharap ke depan, biaya pendidikan juga bisa ditekan agar tak memberatkan masyarakat.

Konsep pendidikan karakter akan dijabarkan dalam poin visi misi yang diusung Koalisi Adil Makmur. Pendidikan akan menjadi topik penting dalam pemaparan visi-misi yang dilakukan dengan gaya Town Hall Meeting pada tanggal 14 Januari mendatang. (KBB)

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here