Aturan Penerbangan Bagi Penumpang Disabilitas

Pengelola bandara wajib memberi pelayanan khusus pada penyandang disabilitas. Foto: inform-software.com

Oleh: Anisa Tri Kusuma

Liburan merupakan hak setiap orang, termasuk para penyandang disabilitas. Terkadang timbul kekhawatiran merepotkan orang lain selama perjalanan, hingga terbatasnya fasilitas penunjang

Indonesiainside.id, Jakarta — Saat ini sudah banyak maskapai yang berupaya meningkatkan pelayanan untuk penumpang berkebutuhan khusus, hal ini tentunya membuat perjalanan lebih mudah. Bukan hanya maskapai saja yang memberikan pelayanan, pemerintah juga memiliki aturan penerbangan tersendiri yang melindungi hak penumpang penyandang disabilitas, sebagaimana diatur dalam UU No 1 tahun 2009 tentang penerbangan

Namu, ada baiknya mengenal tips bagi penyandang Disabilitas.

1. Pesan Tiket Langsung di Kantor Maskapai
Meski saat ini beli tiket pesawat online lebih mudah dan menyenangkan, bagi penyandang disabilitas akan jauh lebih baik membeli tiket pesawat langsung di kantor maskapai. Hal ini agar anda mendapat info jelas mengenai fasilitas yang didapatkan bagi penyandang disabilitas, misalnya kursi roda dan sebagainya.

2. Beritahu Pihak Maskapai Bahwa Anda Kebutuhan Khusus
Saat memesan tiket, pastikan pihak maskapai tahu bahwa anda berkebutuhan khusus, misalnya anda membutuhkan kursi roda, alat bantu jalan (kruk), tabung oksigen dan sebagainya. Hal ini berguna agar pihak maskapai bisa menyiapkan peralatan yang dibutuhkan saat anda terbang nanti.

3. Pergi Bersama Pendamping
Penyandang disabilitas diharuskan untuk paling tidak membawa satu orang sebagai pendamping selama penerbangan. Anda bisa mengajak teman maupun keluarga untuk terbang bersama, hal ini berguna untuk kenyamanan selama penerbangan dan perjalanan.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here