Sandiaga Rancang Grand Design Ekonomi Umat

Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno mengunjungi Ponpes Al Wahdah Rembang, Jawa Tengah, Jumat (11/1). Foto: Istimewa

Oleh: Rengga Permana

Intinya, mereformasi ekonomi umat dan menggerakkan ekonomi rakyat, melalui pemberdayaan pesantren dan wira usaha santri.

Indonesiainside.id, Rembang — Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno menyebut pemberdayaan pesantren dan wirausaha dari kalangan santri, merupakan kunci ekonomi umat. Hal ini dipaparkan Sandi saat mengunjungi Pondok Pesantren (Ponpes) Al Wahdah di Rembang, Jawa Tengah, Jumat (11/1).

Menurut Sandi, ada program yang akan direalisasikan jika dipercaya mengemban amanat masyarakat nanti. Salah satunya yakni menjalankan ekonomi umat.

“Yakni reformasi ekonomi umat dan menggerakkan ekonomi rakyat. Untuk itu dibutuhkan pemerintahan yang kuat dengan kepemimpinan yang tegas dalam menjalankan program ini,” ujar Sandi.

Menurutnya, pesantren adalah sektor penting dalam ekosistem perjalanan ekonomi bangsa ini. Dan peran yang begitu penting dalam menggerakkan ekonomi umat.

Ia melihat, hingga kini peran itu masih terasa denyutnya. Beberapa pesantren sudah mandiri, berdiri sendiri dengan swasembada pangan, energi bahkan air.

“Dari sayur-mayur, ikan, tebu hingga air. Bahkan ada yang menggunakan energi surya untuk memenuhi kebutuhan listrik pesantren tersebut,” imbuhnya.

Saat ini, Sandi menyebut 1 persen dari populasi Indonesia menguasai lebih 50 persen ekonomi. Dia berjanji akan Mengurangi ketimpangan yang ada.

Hal tersebut diakibatkan oleh kebijakan yang sangat liberal, membuat yang kaya makin kaya, yang miskin makin miskin. Utang semakin besar, dominasi asing, kepentingan asing semakin terasa.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here