Nukman Luthfie, Sarjana Nuklir Jawara Jagad Medsos

Pakar media sosial Nukman Luthfie. Foto: Istimewa

Oleh: Rengga Permana

Perjalanan karir Nukman Luthfie yang penuh warna dan inspiratif patut dijadikan teladan.

Indonesiainside.id, Jakarta — Pakar media sosial Nukman Luthfie telah berpulang ketika sedang berlibur di Yogyakarta, Sabtu malam (12/1). Ia pergi menghadap Illahi dengan meninggalkan rangkaian perjalanan hidup yang menginspirasi dan patut diteladani.

Nukman lahir di Semarang, Jawa Tengah, pada 24 September 1964. Tamat dari SMA 3 Semarang tahun 1981, lelaki yang sedari SMP sangat menyukai teknologi dan rajin membaca buku ini kemudian melanjutkan studi ke Fakultas Teknik Nuklir Universitas Gajah Mada pada tahun 1983, dan lulus tahun 1990. Semasa kuliah ia tergolong mahasiswa yang aktif. Tidak sedikit pula jurnal ilmiah populer yang ia tulis semasa menjadi mahasiswa.

Agaknya, pengalaman menulis jurnal ini jugalah yang mengantarkannya terjun ke dunia jurnalistik, dengan menjadi wartawan Harian Bisnis Indonesia. Di tahun yang sama, ia melanjutkan karir di majalah Prospek. Karir jurnalistiknya terus meningkat, hingga menjadi editor majalah SWA Sembada.

Masih di 1990-an, Nukman memutuskan tak meneruskan karir jurnalistik, tapi menekuni bidang kehumasan. Ia berkiprah di PT Agrakom Para Relatika dengan beberapa klien ternama. Microsoft Indonesia, Intel Indonesia sampai Bank HSBC tercatat pernah disentuh tangan dingin Nukman.

Sekira tahun 2000, Nukman kemudian memutuskan berkiprah di bidang konsultan yang lebih spesifik menangani teknologi informasi. Di bawah bendera PT Agranet Multicitra Siberkom (AGRAKOM), Nukman turut membidani lahirnya situs berita detik.com.

DMCA.com Protection Status

TULIS KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here